Monday, November 26, 2012

Market Review 26/11/2012

Market Review
 
Dow Jones Jum’at minggu lalu ditutup naik 173 poin atau 1,35% pada 13.009 terutama atas optimisme dari Eropa dimana pasar saham Eropa juga ditutup rata-rata menguat. Indeks business morale index untuk negara Jerman diterbitkan pada tingkatan tertinggi sejak 7 (tujuh) bulan. Indeks yang dihasilkan berdasarkan survei atas 7.000 perusahaan di Jerman ini berada pada tingkatan 101,4 untuk bulan November 2012 vs. 100,0 bulan Oktober dan vs. estimasi konsensus pada 99,5. Selain itu, investor juga optimis atas perkembangan di Yunani, yakin bahwa negara tersebut bisa memperoleh dana talangan ketiga pada 5 Desember 2012. Wall Street tidak menerima rilis data ekonomi pada Jum’at minggu lalu dan pasar saham ditutup setengah hari.
 
 
Minggu ini, pergerakan DJIA kembali akan dipengaruhi oleh beberapa rilis data yang mengindikasikan kinerja dan prospek ekonomi Amerika. Selasa akan diumumkan data durable orders atau pesanan untuk barang tahan lama untuk bulan Oktober, consumer confidence atau indikator persepsi konsumen mengenai iklim usaha untuk bulan November. Rabu akan diumumkan data penjualan rumah baru untuk bulan Oktober, sedangkan Kamis data klaim pengangguran mingguan tenaga kerja, dan Jum’at data indeks manufaktur Chicago PMI. Dilain pihak, kenaikan DJIA pada Jum’at minggu lalu juga merefleksikan optimisme investor atas prospek kesepakatan yang akan dicapai atas Fiscal Cliff . Jika optimisme investor pada minggu lalu bisa dibuktikan dengan realisasi data aktual minggu ini, besar kemungkinan DJIA bisa bertahan kembali di atas tingkatan 13.000.
  

News Highlights
 
Citra Group dan San Miguel Corporation menggalang dana sebesar USD 700 juta hingga USD 1 miliar untuk membiayai proyek infrastruktur di Indonesia dan Filipina. Citra Group dan San Miguel adalah pemegang mayoritas saham Citra Marga Nusaphala Persada (CMNP). Citra Group dan San Miguel melalui Atlantic Aurum Inc menguasai lebih dari 30% saham CMNP, emiten yang menekuni bisnis jalan tol. Sementara itu, di Atlantic Aurum, Citra Group memiliki 54% saham, sedangkan San Miguel memegang 46% saham. Atlantic Aurum juga pemegang saham pengendali Citra Metro Manila Tollways Corporation (CMMTC) dan South Luzon Tollways Corporation (SLTC).  (Investor Daily)
 
Indo Tambangraya Megah (ITMG) menyiapkan belanja modal sebesar USD 200 juta atau setara Rp 1,9 triliun pada tahun 2013. Dana belanja modal tersebut akan digunakan untuk meningkatkan produksi batubara menjadi 28,5 juta ton atau meningkat dibandingkan target tahun ini sebanyak 27 juta ton. (Investor Daily)
 
Indo Tambangraya Megah (ITMG) , saat ini, sudah memperoleh kontrak penjualan batubara sekitar 18% dari target 2013. Untuk itu, perseroan berharap harga jual batubara tahun depan bisa naik. Tahun ini terjadi volume penjualan yang meningkat, namun nilai penjualan bakal turun, karena harga  turun menjadi sekitar USD 91 per ton dibandingkan tahun lalu USD 97 per ton. (Investor Daily)
 
Tahun 2013, Tambang Batubara Bukit Asam (PTBA) menargetkan peningkatan produksi batubara sebesar 15-20%, dengan belanja modal yang dianggarkan sebesar Rp 1,5-2 triliun. Tahun ini, target produksi perseroan sebanyak 17,42 juta ton, sedangkan target volume penjualan tahun ini sebanyak 18,67 juta ton. Untuk tahun ini, produksi perseroan kemungkinan tidak mencapai target dengan volume produksi batubara hanya sekitar 15-16 juta ton. Meski demikian, perseroan optimistis pendapatan PTBA masih bisa tumbuh sebesar 10% dibandingkan dengan tahun lalu. Sebab, hingga kuartal III-2012, pendapatan perusahaan meningkat 15% dibandingkan periode sama tahun lalu. (Investor Daily)
 
PT Modern Putra Indonesia, pemegang hak waralaba 7-Eleven Indonesia, menargetkan bisa menyumbang 80% pendapatan induk usahanya PT Modern Internasional Tbk (MDRN) pada 2013. Perseroan optimistis dapat membukukan pertumbuhan pendapatan tinggi tahun depan seiring dengan penambahan puluhan gerai di Jakarta dan beberapa kota besar lain di Indonesia.  (Bisnis Indonesia)

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.