Sunday, September 9, 2012

SALAH JIKA TRADING ITU ADALAH TENTANG UANG dan PROFIT!!!!

Para pembaca yang terkasih.

Mengapa trading itu bukanlah semata-mata tentang uang dan profit saja
Salahkah jika mencari uang atau profit dalam hal trading ?
Bukankah itu adalah inti dari permainan ini , profit ?

Inti permainan sebenarnya, bukanlah tentang profit, itu hanyalah tujuan akhir, hadiah / reward dari segala perjuangan dan perjalanan trading yang telah ditempuh.

Seperti halnya dalam sepak bola, bagi para manager / pelatih klub sepakbola, kemenangan itu adalah tujuannya namun bukan inti dari segalanya.
Banyak hal dalam sepakbola yang jauh lebih penting jika hanya dibandingkan dengan sebuah kemenangan semata. Jika sebuah kemenagan diraih dengan permainan yang kotor , tidak sportif, bahkan sampai terjadi kasus pengaturan score, penyuapan wasit, maka lihatlah apa yang terjadi pada beberapa klub itali yang terlibat kasus pengaturan score.
Demi sebuah kemenangan , sebuah gelar, yang merupakan tujuan akhir , para klub itali tersebut bahkan sampai menghalalkan segala cara, setelah kasus tersebut terbongkar maka akibat yang mereka tanggung sekarang adalah turun nya kwalitas permainan tim sepakbola tersebut, turunnya jumlah penonton yang menghadiri stadion sehingga berakibat buruk pada sisi financial klub tersebut, terkurasnya dana pada kas mereka mengakibatkan sulitnya mendatangkan pemain-pemain yang berkwalitas, dengan tak adanya pemain yang bermutu tinggi maka menurunkan kwalitas liga itali secara global.

Bandingkan dengan tim seperti Barcelona, siapa sekarang ini yang tidak pernah mendengan nama LIONEL MESSI .......?
Messi memiliki permainan yang apik dan didukung juga oleh jendral lapangan tengah seperti XAVI HERNANDEZ sehingga mereka saling melengkapi dengan sisa pemain tim yang lain dan mampu memberikan gelar yang banyak untuk Barcelona.

Xavi dan Messi bukanlah pemain yang dibeli dengan nilai transfer yang fantastis.Mereka sejak muda, sudah ikut akademi sepakbola junior barcelona, mereka di didik dan dibentuk dahulu dan bukan secara instan jadi seperti bagus sekarang, banyak proses yang harus mereka lalui, namun semua itu terbayarkan tuntas.....lihat saja permainan Barcelona sekarang dengan style permainan tiki taka (operan cepat) yang cantik dan dapat memuaskan setiap penonton yang menyaksikan pertandingan mereka dan mampu mendapatkan segala macam gelar kejuaran sepakbola manapun juga, dengan style permainan seperti itu, kapasitas maksimum stadion mereka 90.000 tempat duduk selalu terisi dengan penuh setiap kali mereka bermain.

Banyak tim sepakbola yang hanya mengutamakan kemenangan semata sebagai tujuan akhir mereka, sehingga melakukan taktik permainan bertahan yang membosankan , mereka tidak memperdulikan kecantikan dan keindahan permaian sepak bola itu sendiri. Dan sejarah jugalah yang menjadi saksi bahwa permainan yang hanya mengutamakan kemenangan , tidaklah akan bertahan lama, gelar yang didapatkan tidak lah sebanyak tim sepakbola yang dibangun dengan keindahan permainan dan kematangan persiapan jangka panjang dan bukan melalui persiapan instan semata.

Puncak dari semua ini adalah final piala eropa 2012 yang baru saja terjadi ini.
Spanyol dengan susunan pemain yang hampir separuhnya berasal dari tim barcelona dan mengandalkan permainan cantik melawan tim pertahana grendel itali yang mengandalkan pertahanan kuat dan tidak bermain cantik , mereka saling berhadapan.
itali hancur lebur , pertandingan dimenangkan Spanyol dengan score telak 4-0
Dan Spanyol menjadi satu-satu nya negara yang mampu mendapatkan gelar kejuaran internasional berturut-turut yaitu Piala Eropa 2008, Piala Dunia 2010 dan Piala Eropa 2012.

Inilah yang didapatkan jika mengutamakan proses yang matang dan memperhatikan setiap detail sehingga persiapan matang terbentuk. Persiapan panjang serta hasrat dan keinginan kuat untuk mempersembahkan yang terbaik untuk negara inilah yang akhirnya mendapatkan hasil yang fantastis , yaitu tujuan akhir dari semua ini , KEMENANGAN

Sehingga, fokuslah pada proses terlebih dahulu bukanlah pada hasilnya. Tidaklah mungkin suatu bisnis akan sukses jika tidak didasari visi, misi serta sistem yang kuat dalam menopang bisnis tersebut.
Tumbuhkanlah hasrat dan keinginan yang kuat dalam mencari dan menciptakan aturan trading yang cocok bagi diri masing-masing.

semoga bermanfaat. 

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.