Wednesday, November 14, 2012

Market Review 14/11/2012

Market Review
 
Dow Jones Selasa malam ditutup turun 59 poin atau 0,46% pada 12.756 dan kemarin bergerak di 2 (dua) teritori namun tidak berhasil ditutup pada teritori hijau seiring dengan kekhawatiran investor Amerika atas Fiscal Cliff. Tidak ada rilis data signifikan di Wall Street kemarin. Pasar saham Eropa kemarin ditutup rata-rata menguat atas kembali terbetik berita bahwa Spanyol akan memasukkan proposal resmi permohonan dana talangan kepada lembaga internasional. Atas berita ini, imbal hasil obligasi negara Spanyol tenor 10-tahun kemarin menurun sebesar 4 basis poin menjadi 5,85%.
 
Di Indonesia, kemarin Mahkamah Konstitusi (MK) mengabulkan sebagian gugatan uji materi UU No. 22/2001 tentang Migas. MK dalam salah satu keputusan kemarin menegaskan, keberadaan Badan Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (BP Migas) bertentangan dengan UUD 45. Guna mengisi kekosongan hukum, berdasarkan MK, untuk sementara kewenangan BP Migas dijalankan oleh pemerintah, yakni kementrian ESDM dan BUMN terkait. Sementara itu, Menteri ESDM mengatakan kontrak yang selama ini diurus BP Migas tetap berjalan seusai perjanjian, sehingga tidak ada penghentian kegiatan eksplorasi dan produksi oleh perusahaan.
  
News Highlights
 
Semen Gresik (SMGR) mengakuisisi mayoritas saham Thang Long Cement JSC, perusahaan semen yang berbasis di Vietnam. Thang Long Cement memiliki fasilitas pabrik berkapasitas 2,3 juta ton per tahun di Provinsi Quang Ninh. SMGR menganggarkan investasi sebesar USD 1,2 miliar atau sekitar Rp 11,5 triliun dalam tiga tahun ke depan. Dari jumlah itu, sebanyak USD 900 juta digunakan untuk menambah kapasitas produksi, sedangkan sisanya sebesar USD 300 juta untuk akuisisi perusahaan semen. (Investor Daily)
 
Jasa Marga (JSMR) menganggarkan belanja modal berkisar Rp 6 -7 triliun pada 2013. Jumlah itu lebih rendah dibandingkan tahun ini sebesar Rp 7,7 triliun. Belanja modal tahun depan digunakan untuk mendanai akuisisi perusahaan jalan tol, pembangunan tol baru, dan perawatan tol milik perseroan. Sebanyak 70% atau Rp 4,2-4,9 triliun belanja modal didanai dari pinjaman perbankan. Sisanya sebesar 30% dibiayai kas internal. (Investor Daily)
 
Gozco Plantation (GZCO) optimistis bisa menghasilkan 60.000 ton tandan buah segar (TBS) pada kuartal IV tahun ini. Jumlah tersebut naik sekitar 8% dibanding periode yang sama tahun lalu, 55.474 ton. Jika produksi kuartal IV sesuai target, GZCO bakal menorehkan pendapatan sebesar Rp 500 miliar di tahun ini, dengan laba bersih berkisar Rp 150 miliar hingga Rp 170 miliar. (Kontan)
 
Bank Indonesia memperkirakan surplus neraca pembayaran sebesar lebih dari US$ 1,5 miliar pada 4Q12, lebih tinggi dari surplus US$ 834 juta pada 3Q12. Dengan demikian, neraca pembayaran akan mengalami defisit US$ 1,5 miliar tahun ini. Defisit neraca transaksi berjalan diproyeksikan mencapai 2,2% dari PDB, turun dari 2,38% pada 3Q12. Sedangkan, neraca modal dan finansial akan mengalami surplus yang lebih besar, ditopang oleh arus masuk investasi portofolio. (Bisnis Indonesia)
 
 
Deputi Gubernur BI Hartadi Sarwono menegaskan bahwa bunga Fasilitas Simpanan Bank Indonesia (Fasbi) akan dinaikkan untuk menyerap ekses likuiditas yang diperkirakan akan meningkat dalam beberapa waktu ke depan. Tambahan likuiditas ini terutama didukung oleh arus masuk modal asing. Meski begitu, ujarnya, kenaikan bunga Fasbi ini belum akan terjadi dalam waktu dekat. (Bisnis Indonesia)
 
Japan Credit Rating Agency menegaskan rating utang Indonesia di BBB- dengan prospek stabil. Rating ini mencerminkan prospek pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan yang didukung oleh permintaan domestik yang solid, beban utang pemerintah yang rendah akibat manajemen fiskal yang prudent, serta perbaikan ketahanan dalam menghadapi kejutan eksternal yang disokong oleh akumulasi cadangan devisa. Di sisi lain, rating itu dibatasi oleh ketidakpastian terkait kemampuan pemerintah untuk merumuskan dan mengimplementasikan kebijakan serta kekurangan dalam hal infrastruktur. (Bloomberg)

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.