Friday, November 9, 2012

Market Review 09/11/2012

Market Review
 
Dow Jones Kamis malam ditutup turun 121 poin atau 0,94% pada 12.811 masih terutama atas kekhawatiran mengenai bagaimana pemerintahan baru Obama menangani masalah Fiscal Cliff. Rilis data klaim pengangguran mingguan dan lanjutan yang lebih baik dari estimasi tidak mampu memicu DJIA untuk ditutup pada teritori hijau.
 
 
CBO (Congressional Budget Office), lembaga resmi pemerintah Amerika, kemarin merilis berita bahwa Fiscal Cliff akan berdampak pada resesi ekonomi dan peningkatan tingkat pengangguran Amerika. Dampak Fiscal Cliff sebesar pengurangan defisit anggaran belanja sebesar USD 503 miliar sampai dengan September 2013 akan menurunkan tingkat pertumbuhan ekonomi Amerika sebesar 0,5% dan meningkatkan pengangguran menjadi 9,1% tahun depan. Menurut kajian CBO, jika pemotongan pajak dari era kepresidenan Bush diperpanjang, ekonomi Amerika akan tumbuh 2,2% tahun depan. Jika pemotongan pajak era Bush diperpanjang dan ditambah perpanjangan paket kesejahteraan untuk pengangguran lanjutan dari era Obama, maka ekonomi Amerika bisa bertumbuh menjadi hampir 3%.
 
Kekhawatiran investor saham Amerika berpangkal dari ketidak-pastian atau belum ada kejelasan bagaimana kira-kira bentuk kebijakan akhir pemerintah yang baru terpilih atas isu keringanan pajak. Isu ini akan diputuskan oleh House of Representative Amerika yang terdiri dari wakil partai Republik dan partai Demokrat yang masing-masing memiliki pandangan dan kepentingan yang berbeda.
 
Sementara itu harga minyak WTI kemarin ditutup menguat 0,77% pada USD 85,09/barel setelah beberapa hari turun ke tingkatan terendah sejak empat bulan. Penguatan WTI kemarin terutama dipengaruhi oleh sentimen positif dari rilis data tenaga kerja Amerika. Klaim pengangguran baru mingguan diumumkan pada 355 ribu unit vs. estimasi konsensus pada 370 ribu unit. Klaim pengangguran lanjutan mingguan diumumkan pada 3,12 juta unit vs. estimasi konsensus pada 3,25 juta unit. Selain itu, berita dari Yunani juga memberikan dampak sentimen positif pada perdagangan minyak WTI. Kemarin parlemen Yunani telah menyetujui paket pemotongan anggaran yang mencakup pemotongan upah, pensiun, dan kesejahteraan.
  

News Highlights
 
Agung Podomoro Land (APLN) mencatatkan prapenjualan sebesar Rp 4,95 triliun hingga sepanjang 10 bulan pertama tahun ini atau sekitar 99% dari target perseroan tahun ini sebesar Rp 5 triliun. Segmen penjualan hunian residensial masih mendominasi seluruh penjualan perseroan. Proyek Green Bay Pluit menjadi penyumbang terbesar dari penjualan tahun ini yakni mencapai 42%. Penyumbang kedua terbesar yakni Podomoro City sebesar 26%. (Bisnis Indonesia)
 
Agung Podomoro Land (APLN) tidak akan melakukan revisi target Marketing Sales tahun 2012 karena sebelumnya telah merevisi target dari Rp 4,3 triliun menjadi Rp 5 triliun. (Bisnis Indonesia)
 
Sentul City (BKSL) menargetkan pendapatan pada 2013 mendatang sebesar Rp 1 triliun atau naik 66,6% dibandingakn dengan target pendapatan tahun lalu sebesar Rp 600 miliar seiring dengan prospek proyek yang bakal diluncurkan pada tahun depan. (Bisnis Indonesia)
 
Summarecon Agung (SMRA) berencana mengakuisisi lahan seluas 100 – 200 hektare (ha). Kebutuhan dananya berkisar Rp 500 miliar hingga Rp 1 triliun. SMRA mengincar lahan di Bodetabek (Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi). Akuisisi akan dilakukan secara bertahap hingga akhir tahun depan. Setelah akuisisi tuntas, perseroan akan membangun kota mandiri (Township) baru. (Investor Daily)
 
Pemerintah meminta penetapan upah minimum provinsi (UMP) 2013 sebesar 100%–150% dari standar kebutuhan hidup layak (KHL) daerah setempat. Dengan demikian, DKI Jakarta yang sudah menetapkan KHL bulanan sebesar Rp 1,9 juta akan memiliki UMP di kisaran Rp 1,9 juta hingga Rp 2,85 juta. Menurut Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar, jika upah minimum tahun depan disamakan dengan 150% dari KHL, rata-rata kenaikan UMP akan berkisar 30%–40% dari tahun ini. Pada 2012, setidaknya ada 16 provinsi yang memiliki UPM di bawah KHL. (Kontan, Kemenakertrans)
 

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.