Monday, October 1, 2012

WELCOMING IHSG 5.000 DI AKHIR TAHUN ???

Menyambut IHSG 5.000 diakhir tahun......apakah ini merupakan angka yang terlalu optimis ?
Dengan fakta yang coba saya rangkum pada gambar diatas (klik gambar untuk diperbesar) marilah bersama-sama kita lihat kembali sejarah yang pernah terjadi pada tahun-tahun terdahulu.
  • kolom A memberikan perbandingan IHSG antara penutupan 30 september berbanding penutupan 31 oktober, ada rentang waktu perjalanan 1 bulan
  • kolom B memberikan perbandingan IHSG antara penutupan 30 september berbanding pentupan 31 desember, ada rentang waktu perjalanan 3 bulan
  • kolom C memberikan perbandingan IHSG antara penutupan 30 september dengan titik terendah IHSG dalam 3 bulan berikutnya (oktober, november ,desember)
Bulan Oktober, selalu menjadi bulan dimana terjadinya rilis laporan keuangan untuk kinerja januari s/d september atau yang disebut juga LK 9 bulan atau LK Q3 (juli, agustus, september), biasanya disambut optimis oleh para investor, mengharapkan adanya peningkatan kinerja pada masing-masing emiten.
Selain daripada tahun 2002 dan krisis ditahun 2008, tidak ada terjadi IHSG turun lebih dari 5% pada bulan oktober, dan kenaikan bulanan terbesar terjadi pada tahun 2007 (+12%) era kejayaan saham mining karena naiknya harga minyak dan komoditas dunia.

Pada kolom C, dapat terlihat bahwa selain kejatuhan tahun 2002 dan krisis 2008, IHSG dalam rentang 3 bulan (oktober november desember) tidak pernah jatuh diatas 10%, dengan hampir seluruh bank sentral disetiap regional yang ada telah melakukan suntikan dana stimulus ke dalam sistem ekonomi mereka , yang mana itu sama saja darah telah di infus ke dalam sistem tubuh manusia maka bisa dikatakan apa yang paling dibutuhkan oleh perekonomian telah tersedia , sekarang tinggal mengharapkan roda ekonomi berputar normal kembali dan dengan masih rendahnya harga-harga komoditas yang menandakan bahwa bubble masih jauh maka setiap adanya penurunan ihsg jika lebih besar dari 5% , itu dapat diartikan sebagai discount , bukan krisis, justru menimbulkan kesempatan beli yang sangat menguntungkan.

Sekarang lihat kolom B, selain krisis 2008 , IHSG sejak tahun 2002 selalu mampu mengalami kenaikan pada 3 bulan terakhir disetiap tahun nya. Dengan asumsi jika tahun ini saya anggap mampu naik 5% dari penutupan bulan september di angka 4.263 maka kemungkinan bisa mencapai 4.476 diakhir tahun ini. Jika diberikan asumsi yang lebih optimis lagi misalkan 10% maka akan mencapai 4.689.

Maka judul saya diatas tadi "welcoming ihsg 5.000 diakhir tahun" mungkin terlalu optimis, namun apapun bisa saja terjadi , karena market selalu benar, bisa saja tahun ini malah tidak ada kenaikan lagi dan kasus 2008 terulang, kita wajib untuk selalu siap atas semua kemungkinan yang ada, namun berdasarkan apa yang terjadi belakangan ini dimana ber milyar-milyar dollar uang disuntikan terus kedalam sistem ekonomi, maka nampaknya sulit untuk membuat horor yang menakutkan lagi bagi seluruh index yang ada di seluruh dunia.
Namun stimulus yang ada ini , bisa saja dikalahkan oleh ramalan suku Maya tentang kiamat di penghujung tahun 2012 , maka akan menghancurkan semua index atau perekonomian di dunia  ( bercanda wkwkwkwkw ) 

semoga bermanfaat ^o^



1 comment:

  1. Pak ijin urun kasih pendapat yaa pak...

    yang mana itu sama saja darah telah di infus ke dalam sistem tubuh manusia maka bisa dikatakan apa yang paling dibutuhkan oleh perekonomian telah tersedia , sekarang tinggal mengharapkan roda ekonomi berputar normal kembali
    => Dengan catetan yaa pak ini bukan Tahun 2009 dan tahun 2010 lagi looh, overheating sebentar lagi berpindah ke Asia, karena sudah di boost terlalu kencang.

    dan dengan masih rendahnya harga-harga komoditas yang menandakan bahwa bubble masih jauh
    => Bubble itu bisa darimana saja pak, bisa Property, Credit dan Perbankan, jadi saat ini memang komoditas Juauuuuh dari Bubble tetapi eitsss ada bubble lainnya yaaa....

    maka setiap adanya penurunan ihsg jika lebih besar dari 5% , itu dapat diartikan sebagai discount , bukan krisis, justru menimbulkan kesempatan beli yang sangat menguntungkan.
    => Setunjang eeeh setujuuuu pak

    namun berdasarkan apa yang terjadi belakangan ini dimana ber milyar-milyar dollar uang disuntikan terus kedalam sistem ekonomi, maka nampaknya sulit untuk membuat horor yang menakutkan lagi bagi seluruh index yang ada di seluruh dunia.
    => hmmmm... jangan terlalu yakin pak, horor sedang dibuaaat tetapi belum dijadikan headline oleh para Hedge Fund, jadi Invest and Trading with Cautious karena another Surprises akan datang di 2013...

    Terimakasih pak boleh ikuutan comment.

    best regards,
    dimasAryotejo

    ReplyDelete

Note: Only a member of this blog may post a comment.