Friday, October 5, 2012

Market Review 05/10/2012

Dow Jones Kamis malam ditutup naik 81 poin atau 0,6% pada 13.375 terutama atas pernyataan Presiden ECB Mario Draghi dan atas optimisme investor menjelang diumumkannya data penambahan lapangan kerja nanti malam.
 
Kemarin investor saham Amerika diwarnai optimisme atas pernyataan Presiden ECB yang menyatakan bahwa keputusan ECB untuk melaksanakan OMTs sudah bisa menurunkan ketegangan investor menghadapi situasi Eropa. Pernyataan ini dilanjutkan dengan ECB siap membeli obligasi negara-negara anggota Uni Eropa yang bermasalah jika diminta_ini mengimplikasikan ECB sangat siap membantu Spanyol sesaat negara itu mengajukan proposal.
 
Selain itu, investor saham Amerika kemarin menunggu-nunggu dengan spekulasi positif bahwa rilis data Non Farm Payroll atau data penambahan lapangan kerja dari Departemen Tenaga Kerja Amerika malam ini akan berada pada tingkatan diatas estimasi konsensus. Data ini sangat ditunggu-tunggu investor juga dengan kaitannya dengan pemilihan presiden Amerika 6 November. Presiden Amerika saat ini, Obama, pada acara debat presiden kemarin, mendapat kritikan dari lawannya calon presiden Amerika Mitt Romney atas penciptaan lapangan kerja yang kurang agresif selama periode pemerintahan Obama. Data penambahan lapangan kerja yang diatas estimasi konsensus merupakan faktor plus untuk prospek Obama terpilih kembali. Sebaliknya, jika rilis data ini dibawah estimasi, dikatakan investor akan memaafkan atas mitigasi dari dampak QE3. Melihat perkembangan tanggapan investor, bisa dikatakan dampak rilis data ini, diatas atau dibawah estimasi, tidak akan signfikan terhadap pasar saham Amerika.  
  

News Highlights
 
Erajaya Swasembada (ERAA) mengakuisisi 30% saham PT Inovidea Magna Global senilai Rp 750juta. Inovidea merupakan perusahaan lokal yang bergerak di bidang usaha pengembangan aplikasi berbasis teknologi informasi. (Investor Daily)
 
Tahun ini, Erajaya Swasembada (ERAA) menargetkan laba bersih sebesar Rp 430miliar atau melonjak 68,4% dibandingkan tahun lalu Rp 255,4miliar. Hingga semester I-2012, laba bersih perseroan mencapai Rp 212,14miliar. Peningkatan kinerja perseroan akan didukung oleh penjualan produk IT oleh anak usaha Telemata Artha Mandiri. Telemata merupakan distributor resmi telepon pintar (smartphone) Blackberry. Selain itu, perseroan akan menggenjot penjualan dengan menambah gerai dan memperluas pasar ritel. (Investor Daily)
 
Bank Tabungan Negara (BBTN) akan menggelar penawaran umum terbatas (PUT) I dengah hak memesan efek terlebih dahulu (HMETD) atau Rights Issue pada November 2012. BBTN akan melepas 1,5 miliar saham baru dengan harga penawaran Rp 1.000-1.400 per saham. (Investor Daily)
 
Agung Podomoro Land (APLN) mengakuisisi 85% saham perseroan afiliasi PT Tritunggal Lestari Makmur sebesar Rp 45,9miliar untuk pengembangan proyek hotel dan gedung komersial di Bandung. Pengambilalihan saham dalam Tritunggal Lestari Makmur merupakan bentuk realisasi terhadap rencana penggunaan dana hasil penawaran umum obligasi II Agung Podomoro Land 2012. (Bisnis Indonesia)
 
Sumalindo Lestari Jaya (SULI) berencana melakukan aksi korporasi untuk memperbaiki struktur keuangan dan kinerja usaha perseroan pada November 2012. Perseroan berencana melakukan diversifikasi usaha ke sektor pertambangan serta melakukan tindakan korporasi untuk mendapatkan penambahan modal kerja, yang sudah dalam kondisi negatif, dalam 12 minggu ke depan atau sekitar November 2012. Perseroan belum menyebutkan secara detail mengenai rencana tersebut. (Bisnis Indonesia)
 

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.