Friday, December 7, 2012

Market Review 7/12/2012

Market Review
 
Dow Jones Kamis malam ditutup naik 39 poin atau 0,3% pada 13.074 dengan indeks DJIA bergerak mixed pada zona merah di 13.007 dan zona hijau di 13.076. Investor saham Amerika cenderung optimis menjelang pengumuman data ekonomi penambahan lapangan kerja dan tingkat pengangguran dari Departemen Tenaga Kerja Amerika Jum’at malam ini, namun dilain pihak masih waspada terhadap perkembangan isu Fiscal Cliff.
 
Sementara itu, ECB kemarin menurunkan estimasi pertumbuhan  ekonomi tahun 2013 untuk zona euro. ECB saat ini memperkirakan ekonomi 17 negara yang menggunakan mata uang euro akan kontraksi sebesar 0,3% tahun depan vs. estimasi pertumbuhan sebesar 0,5% yang dibuat tiga bulan yang lalu. Tahun 2012 zona euro juga mengalami kontraksi. Sementara itu, pada pertemuan kebijakan terakhir 2012 itu, ECB mempertahankan suku bunga acuan di rekor level rendah 0,75%, hal yang sudah diperkirakan oleh banyak pihak. Menanggapi masalah ekonomi yang terjadi di beberapa negara anggota zona euro, ECB menyatakan tidak akan mengaktifkan OMTs sampai ada negara yang mengajukan dana talangan (bailout)  kepada lembaga dana penyelamatan permanen, Mekanisme Stabilisasi Eropa (ESM). Selain itu, negara dimaksud juga harus menyetujui persyaratan fiskal yang ketat. Tema revisi turun prospek pertumbuhan ekonomi zona euro juga melemahkan harga minyak WTI pada perdagangan kemarin.
 
Dilain pihak, rata-rata pasar saham Asia pagi ini dibuka mixed dengan kecenderungan menguat atas spekulasi data tenaga kerja Amerika yang akan diumumkan malam ini.

News Highlights
 
AKR Corporindo (AKRA) akan membagikan dividen interim sebesar Rp 165,06 miliar atau Rp 40 per saham (dividen yield 0,95%) pada 16 Januari 2013. Cum dan ex dividen di pasar regular dan negosiasi jatuh pada 26 dan 27 Desember 2012. (Investor Daily)
 
Resources Alam Indonesia (KKGI) menargetkan volume penjualan tahun depan tumbuh 9,3% menjadi 4,7 juta ton, dibandingkan estimasi tahun ini 4,3 juta ton. Adapun volume penjualan tahun ini diproyeksikan tumbuh 2,3% dibandingkan 2011 sebesar 4,2 juta ton. (Investor Daily)
 
Eksploitasi Energi Indonesia (CNKO) akan menerbitkan obligasi sebesar USD 500 juta hingga USD 1 miliar pada semester II tahun depan. Dana hasil emisi surat utang itu digunakan untuk membiayai pembangungan pembangkit listrik. Perseroan belum memutuskan apakah akan menerbitkan obligasi global atau rupiah. (Investor Daily)
 
Hingga bulan November 2012, Sentul City (BKSL), mencatat penjualan sebesar Rp 696,96 miliar. Angka ini sudah melapaui target penjualan perseroan pada tahun 2012 yang ditargetkan sebesar Rp 600 miliar. (Kontan)
 
Indeks keyakinan konsumen mencapai posisi tertinggi sepanjang sejarah di 120,1 pada November 2012, 0,6 poin lebih tinggi dari bulan sebelumnya. Survei konsumen terbaru Bank Indonesia menunjukkan perbaikan persepsi mengenai kondisi pendapatan dan bisnis. Konsumen juga meningkatkan keinginan mereka untuk membeli barang tahan lama, namun terjadi pelemahan pada persepsi mereka terhadap ketersediaan lapangan kerja saat ini dan di masa yang akan datang. Survei yang sama juga menyimpulkan adanya kenaikan ekspektasi inflasi akibat rencana kenaikan tarif listrik. (BI)
 
Pemerintah berencana mengenakan pajak 2% terhadap usaha kecil dan menengah (UKM) dengan omzet Rp 300 juta hingga Rp 4,8 miliar per tahun. Penarikan pajak ini mulai berlaku pada 2013. Potensi pendapatan pajak dari UKM terbilang besar. UKM diperkirakan menyumbang 61,9% dari PDB, namun sektor ini hanya memberi kontribusi sekitar 5% dari total penerimaan pajak. (Kontan)
 
Laporan terbaru dari Transparency International menempatkan Indonesia di peringkat 118 pada daftar negara terbersih dari korupsi. Ini lebih buruk dari peringkat 100 yang didapat pada 2011. Pada 2012, tingkat korupsi di sektor publik Indonesia dipandang lebih buruk dibandingkan Malaysia (peringkat 54), China (80), Thailand (88), India (94), dan Filipina (105), namun masih lebih baik dari Vietnam (123). (Transparency International)
 

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.