Wednesday, September 5, 2012

KKGI : Resource Alam Indonesia

Saham ini pernah memberikan kenangan manis ketika manis bagi saya dari 1.300 s/d 3.200 pada akhir tahun 2010 s/d awal 2011.
namun saya ingin bercerita tentang keadaan terkini nya yang dalam kondisi sakit parah
 pada awal 2012 saya masuk kembali di kisaran 6.500 dan terus melakukan avg up sampai 8.000
karena pada saat itu semua kenaikan ada faktor pendukungnya.
semua berita sangatlah manis pada saat itu, target analis berada pada kisaran harga 10.000-12.000 yang dapat dicapai pada akhir tahun 2012 ini.
banyak yang mulai mempertimbangkan untuk invest LONG TERM pada saham ini.......how long ???  
namun dikarenakan harga batubara yg sedang lesu, dan ditambah lagi oleh tindakan emiten yang menjual saham nya dalam jumlah yang cukup besar maka ini membuat KKGI terpukul, harga jatuh dengan volume yang sangat besar.




 harga jatuh dari 8.200 s/d 7.300 dalam 1 hari pada tanggal 16 maret, lampu red alert dengan bunyi sirine yg sangat keras sekali bagi saya..........
dengan menguatkan hati dan rasa tanggung jawab dalam menjalani yang namanya stoplose, WAJIB saya jalankan........ saya CL di harga 7.500- 7.400 dan saat itu langsung melukai 10% porto saya.
rasanya hancur berkeping-keping.
Yang ingin saya bagi disini adalah cara baca target penurunan. Dengan menarik fibonacci retracement dari titik nol % pada harga 8.500 dan titik 100% di 6.700 maka target penurunan akan sampai fibo 150% nya di harga 5.800 jika harga 6.700 di jebol.
namun jika harga 5.600 yg merupakan fibo 161.8% nya dijebol maka target penurunan akan sangat jauh, ada di 3.800.
semua target-target dari penarikan garis fibonacci retracement ini tercapai.


pada gambar ketiga ini, anda semua bisa lihat, bahwa target-target penurunan yang jika support nya jebol, kembali lagi tercapai yaitu fibo 150%.


jika bollinger band diaktifkan maka terlihat adanya irisan harga turun yang menyakitkan
pada harga 5.800 s/d 3.500. tidak ada satupun candle penurunan yang memiliki bod candle yang besar dan keluar jauh dibawah bollinger band low.
Hal ini baru nampak pada candle tanggal 28 agustus 2012 , dan langsung saja terjadi teknikal rebound.

Pada saat ini , level harga 3.000 merupakan angka psikologis karena angka bulat solid.
jika mampu stabil diatas harga 3.000 selama beberapa hari maka kemungkinan harga masih akan naik , namun dengan kekuatan yang terbatas hanya sampai 3.500 saja karena itu dahulunya merupakan angka support dan sekarang menjadi resisten kuat karena selama 2 minggu pada awal agustus ini harga tak mampu naik melebih 3.500.

dalam diri saya sangatlah berharap agar KKGI ini minimal mampu kembali ke 5.000 karena banyak yang masih sangkut disana. namun melihat fakta yang ada maka alangkah bijaksananya untuk lebih bersikap arif terhadap saham ini yaitu.............(silahkan bagi yang masih sangkut untuk menjawabnya dalam hati masing2 )

mudahan angka-angka yang saya sampaikan diatas dapat bermanfaat bagi yg trading jangka pendek dan sedang dalam kondisi floating profit maupun juga bagi yang masih sangkut.



No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.