Monday, September 10, 2012

Market Review 10/09/2012

Market Review
Dow Jones Jum’at minggu lalu ditutup naik 14 poin atau 0,11% pada 13.307 terutama atas rilis data tenaga kerja yang lebih rendah dari estimasi kembali menopang spekulasi bahwa bank sentral Amerika the Fed akan memutuskan QE3 pada rapat 12 – 13 September mendatang. Selain itu, aksi beli pasar saham Amerika pada Jum’at minggu lalu juga dipicu oleh perkembangan dari negara Cina yang mengumumkan akan menggelontorkan belanja infrastruktur untuk 60 proyek senilai USD 157 miliar, hal yang dianggap sebagai stimulus global dengan banyak pihak yang akan menerima manfaat. 
Jum’at minggu lalu, Wall Street menerima rilis data penambahan lapangan kerja dari Departemen Tenaga Kerja Amerika untuk bulan Agustus 2012 pada 96ribu unit atau lebih rendah dari estimasi konsensus pada 130ribu unit lapangan kerja.  Sementara tingkat pengangguran untuk bulan Agustus turun menjadi 8,1%yoy dibandingkan dengan 8,3% estimasi konsensus. Data penambahan lapangan kerja dan tingkat pengangguran diperoleh dari sumber yang berbeda, hal yang menjelaskan mengapa keduanya bisa bergerak berlawanan arah. Data penambahan lapangan kerja diperoleh dari hasil survei atas 400 responden organisasi swasta dan pemerintah, sementara tingkat pengangguran diperoleh dari survei terhadap 60ribu responden rumah tangga. Tingkat pengangguran adalah jumlah mereka yang aktif mencari kerja dibandingkan dengan total angkatan kerja. Menurunnya tingkat pengangguran juga disebabkan penurunan mereka yang mencari kerja, bisa juga karena, putus asa akibat terlalu lama menganggur. Secara umum, investor saham Amerika, menganggap rilis data tenaga kerja ini mengecewakan hingga kembali memupuk spekulasi dipercepatnya QE3.
Sementara itu, setelah bank sentral ECB sukses memenuhi janjinya pada 6 September terhadap investor global dengan program OMTs (Outright Monetary Transactions)nya, kini investor harus kembali mengamati bagaimana lanjutannya. Tanggal 12 September atau Rabu, investor menunggu keputusan mahkamah konstitusi Jerman  atas legalitas ESM.  Keputusan ini ditentukan oleh banyak pihak termasuk hakim di Jerman, pemilu di Belanda, juga pihak IMF. OMTs, untuk dioperasikan, harus melibatkan dana dari ESM. Dilain pihak, pasar komoditas bergerak dengan kecenderungan menguat pada Jum’at minggu lalu diwarnai spekulasi QE3 oleh bank sentral Amerika.

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.