Wednesday, January 23, 2013

Karamnya Costa Concordia & Karamnya Portfolio (3)

Ini adalah gambaran kapal Costa Concordia setelah karam, pertanyaan yang masih terus dipertanyakan sampai saat ini adalah siapakah yang bertanggung jawab atas kandas nya kapal ini, dan mengapa begitu lama sekali waktu yang dibutuhkan untuk hanya memberikan peringatan darurat bagi para penumpang serta sistem penanggulangan bencana pada kapal ini yang sangat semerawut.


Hubungan dengan diri kita sebagai trader jelas sangat berkaitan sekali, dimana kita mesti memposisikan diri kita sebagai kapten kapal, portfolio sebagai kapal dan dana trading sebagai penumpang kapal.
Sebagai kapten atas portfolio kita sendiri maka seharusnya kita bertindak sesuai dengan sistem yang telah ditetapkan sebelumnya, sistem pada saat harga-harga saham tidak bergerak sesuai keinginan kita, janganlah bertindak seperti kapten kapal costa concordia ini yang tenyata pada saat di pengadilan, beliau berpendapat bahwa peringatan darurat pada kapal yang dikeluarkan setelah menunggu waktu 2 jam adalah bertujuan agar tidak terjadi kepanikan pada para penumpang kapal yang mana hal tersebut jelas sekali sangat bertentangan dengan sistem penanggulangan bencana pada kapal tersebut. Sebagai kapten atas portfolio kita sendiri sangatlah penting untuk bertindak sesuai rencana yang telah ditetapkan sebelum kita mengambil posisi dan janganlah  bertindak dengan menggunkan perasaan terlebih lagi untuk situasi yang tidak mengenakkan bagi diri kita karena sudah pasti pada saat tersebut kondisi emosional trader akan sangat terombang ambing dan keputusan yang dihasilkan sudah pasti akan berdasarkan emosi saja.
Sistem penanggulangan bencana bagi portfolio trader sudah jelas adalah berupa Exit Rule yang mana mesti dipersiapkan terlebih dahulu pada saat sebelum melakukan entry. Exit Rule dalam hal ini bisa berupa Stop Lose yang mana stop lose mestilah dipasang pada platform trading dan bukannya dipasang hanya dalam hati saja, kecuali anda sudah menjadi trader yang SADIS (sangat disiplin).
Tanpa Exit Rule dan Sistem trading yang jelas maka cepat atau lambat kapal yang anda kemudikan sudah pasti akan seperti gambar diatas, yaitu karam.
Sudah banyak sekali kapten kapal yang gagal namun mereka sudah jelas pastinya akan menyalahkan entah itu kapal yang kurang canggih atau keadaan yang tidak memihak kepada mereka, selama bertahun-tahun pengalaman saya trading selama ini, banyak "kapten kapal" yang mengeluh seperti itu dan saya melihat bahwa mereka memang gagal karena tidak memiliki sistem trading yang jelas, termasuk saya sendiri dulunya.

Mudah-mudahan tulisan kali ini dapat memberikan manfaat bagi semua orang :)














 

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.