Sunday, January 20, 2013

Karamnya Costa Concordia & Karamnya Portfolio (1)


Karamnya kapal pesiar Costa Concordia terjadi pada januari 2012, jatuh korban meninggal sebanyak 3 orang dari 4.000 orang penumpang termasuk awak kapal. Banyak pelajaran yang dapat diambil dari karamnya kapal ini dan hubungannya dengan trading pada saham.


Dari beberapa artikel yang saya baca, penyebab utama tenggelamnya kapal ini adalah tabrakan pada lambung kiri kapal dengan terumbu karang yang mengakibatkan robeknya lambung kapal tersebut. Lambung kapal yang sobek berbentuk seperti irisan kulit kentang. Pada awalnya kapal kandas ke arah kiri dengan kemiringan 10 derajat dan membuat sistem kemudi rusak parah sehingga kapal tersebut hanyut menjauhi lepas pantai Giglio (Italy) namun setelah 30 menit menjauhi lepas pantai , angin bertiup kencang dari arah laut sehingga membuat kapal kembali dalam posisi tegak dan mengarah ke dekat garis pantai , hembusan angin kencang ini membawa konsekuensi yang cukup berat juga yaitu bertambah banyaknya air yang masuk ke dalam lambung kapal sehingga membuatnya makin tenggelam. Sampai dengan saat ini belum juga ada Peringatan Darurat yang disampaikan oleh kapten kapal Francesco Schettino (berusia 52 tahun dan berpengalaman 11 tahun sebagai kapten kapal). Kapten masih memerintahkan untuk mengabarkan kepada seluruh penumpang bahwa kapal dalam kondisi baik-baik saja dan hanya mengalami kerusakan generator listrik, sehingga suasana tenang dalam kapal masih menyelimuti seluruh penumpang. Namun tragis, berita atas kejadian sebenarnya yang menimpa kapal ini , belum diketahui oleh para penumpang.
bersambung.....

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.