Monday, January 21, 2013

Karamnya Costa Concordia & Karamnya Portfolio (2)

Gambar diatas adalah kondisi kapal yang miring 20 derajat ke kanan setelah 2 jam sejak bertabrakan dengan batu karang. Pada kondisi ini, semua piring-piring di restoran di kapal ini dapat meluncur kencang dari arah kiri kapal ke kanan kapal.
Butuh waktu satu setengah jam bagi kapten Francesco Schettino untuk memutuskan bahwa pengumuman darurat bisa disampaikan kepada para penumpang. Dan hal ini diperparah lagi dengan tidak adanya latihan keadaan darurat yang semestinya diadakan 1 hari sebelum kapal berangkat, sehingga keadaan ini membuat para penumpang menjadi bertambah panik yang mana mereka semua tidak mengetahui dimanakah lokasi pertemuan dalam kapal tersebut untuk kondisi darurat seperti ini, berdasarkan rekaman video amatir yang didapatkan, banyak sekali penumpang yang kebingungan untuk menghadapi kondisi ini, banyak penumpang yang hanya memegang jaket pelampung mereka ditangan dan tidak menggunakannya karena bingung.


Dengan keadaan seperti ini, kapal yang miring 20 derajat, sangat beresiko sekali untuk menurunkan kapal sekoci. Sisi kapal yang lebih dekat (sisi kanan) dengan permukaan air laut akan menimbulkan resiko kapal sekoci yang bisa tertindih oleh kapal dan sisi kapal yang jauh (sisi kiri) akan menimbulkan masalah sulitnya menurunkan kapal sekoci yang akan tersangkut oleh badan kapal.
Sampai pada keadaan seperti ini dapat terlihat bahwa sistem penanggulangan bencana pada kapal ini sangatlah buruk, yang mana dari kapten jelas terlihat bahwa lambat dalam mengambil keputusan untuk mendeklarasikan keadaan darurat, kemudian buruknya pengaturan awak kapal terhadap para penumpang untuk bisa sampai pada area pertemuan darurat didalam kapal.
Yang lebih menyedihkan lagi adalah pada saat baru setengah penumpang saja yang berada di kapal sekoci, pihak pelabuhan Giglio menelpon kapten kapal Schettino dan mendapati bahwa sang kapten telah berada di kapal sekoci dengan masih menyisakan banyak sekali penumpang yang masih terperangkap didalam kapal.
hmm....kapten melarikan diri  :)) lol
bersambung.....

No comments:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.